top of page

グループ

公開·10名のメンバー

RPP K13 Kelas 5 SD/MI Lengkap Semester 1 dan 2: Silabus, Materi, dan Pembelajaran Tematik


Download RPP K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru untuk setiap pertemuan atau tema tertentu. RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM).


Salah satu jenis RPP yang digunakan oleh guru di Indonesia adalah RPP Kurikulum 2013 (K13). RPP K13 adalah RPP yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013, yaitu kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah sejak tahun 2013 untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.




download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2



Pada artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu RPP K13, bagaimana formatnya, di mana bisa mendownloadnya, dan bagaimana cara mengadaptasinya. Artikel ini ditujukan untuk guru kelas 5 SD/MI yang ingin mendownload RPP K13 kelas 5 semester 1 dan 2.


Apa itu RPP K13?




RPP K13 adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berorientasi pada kompetensi, karakter, dan konservasi. Kurikulum ini mengutamakan pengembangan potensi peserta didik secara holistik, integratif, dan tematik.


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 revisi terbaru


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema organ gerak hewan dan manusia


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema udara bersih


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema makanan sehat


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema organ peredaran darah hewan dan manusia


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema ekosistem


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema kalor dan perpindahannya


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema benda-benda di sekitar


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema peristiwa dalam kehidupan


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 tema lingkungan sahabat kita


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 pdf


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 doc


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 lengkap semua mapel


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 kurikulum merdeka belajar


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 format word


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 gratis


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 ppkn


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 pjok


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 sbdp


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 matematika


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 bahasa indonesia


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 bahasa inggris


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 ipa


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 ips


download rpp k13 kelas 5 semester 1 dan 2 muatan lokal


download silabus dan rpp k13 kelas 5 semester 1 dan


Pengertian RPP K13




Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pengertian RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Sedangkan menurut Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Perangkat Pembelajaran, pengertian RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD).


Tujuan RPP K13




Tujuan dari penyusunan RPP K13 adalah sebagai berikut:


  • Untuk menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan KD dan indikator pencapaian kompetensi.



  • Untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran yang efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.



  • Untuk menentukan penilaian (asesmen) yang autentik, valid, reliabel, dan akuntabel.



  • Untuk menjamin tercapainya kompetensi inti (KI) dan KD secara optimal.



  • Untuk memfasilitasi guru dalam melaksanakan KBM secara profesional.



Manfaat RPP K13Manfaat RPP K13




Manfaat dari RPP K13 adalah sebagai berikut:


  • Untuk membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara sistematis dan terstruktur.



  • Untuk membantu guru dalam mengembangkan kreativitas, inovasi, dan profesionalisme dalam pembelajaran.



  • Untuk membantu guru dalam mengintegrasikan kompetensi, karakter, dan konservasi dalam pembelajaran.



  • Untuk membantu guru dalam memenuhi standar proses pendidikan dasar dan menengah.



  • Untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.



Bagaimana format RPP K13?




Format RPP K13 adalah format yang disederhanakan dari format sebelumnya. Format ini hanya terdiri dari empat komponen utama, yaitu:


  • Kompetensi Dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi.



  • Tujuan pembelajaran.



  • Kegiatan pembelajaran.



  • Penilaian (asesmen).



Format RPP K13 ini berlaku untuk semua jenjang dan mata pelajaran. Format ini juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, guru, dan peserta didik.


Komponen RPP K13




Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing komponen RPP K13:



KomponenPenjelasan


KD dan indikator pencapaian kompetensiKD adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap mata pelajaran di setiap jenjang. Indikator pencapaian kompetensi adalah pernyataan yang menggambarkan tingkat penguasaan KD oleh peserta didik. KD dan indikator pencapaian kompetensi harus sesuai dengan silabus dan kurikulum.


Tujuan pembelajaranTujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART). Tujuan pembelajaran harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.


Kegiatan pembelajaranKegiatan pembelajaran adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran harus bervariasi, menarik, interaktif, kolaboratif, dan reflektif. Kegiatan pembelajaran harus melibatkan metode, media, sumber belajar, alokasi waktu, dan alokasi ruang.


Penilaian (asesmen)Penilaian (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi tentang pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian (asesmen) harus autentik, yaitu mengukur kompetensi peserta didik secara utuh, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Penilaian (asesmen) harus menggunakan teknik dan instrumen yang valid, reliabel, dan akuntabel.


Contoh RPP K13




Berikut adalah contoh RPP K13 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1 dengan tema "Mengenal Budaya Daerah" dan subtema "Kesenian Daerah". Contoh ini hanya bersifat ilustratif dan tidak baku.


&lt;h4&gt;RPP K13 Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1&lt;/h4&gt; &lt;p&gt;&lt;strong&gt;Tema:&lt;/strong&gt; Mengenal Budaya Daerah&lt;/p&gt; &lt;p&gt;&lt;strong&gt;Subtema:&lt;/strong&gt; Kesenian Daerah&lt;/ <p&gt;Subtema:&lt;/strong&gt; Kesenian Daerah&lt;/p&gt; &lt;p&gt;&lt;strong&gt;KD:&lt;/strong&gt; 3.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang kesenian daerah secara lisan dan tulis&lt;/p&gt; &lt;p&gt;&lt;strong&gt;Indikator pencapaian kompetensi:&lt;/strong&gt;&lt;/p&gt; &lt;ul&gt; &lt;li&gt;Menyebutkan jenis-jenis kesenian daerah yang ada di Indonesia.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Mengidentifikasi ciri-ciri kesenian daerah yang dipilih.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Menyusun laporan hasil pengamatan tentang kesenian daerah yang dipilih dengan menggunakan bahasa yang baku, struktur yang sesuai, dan ejaan yang benar.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Menyampaikan laporan hasil pengamatan tentang kesenian daerah yang dipilih dengan menggunakan bahasa yang lancar, intonasi yang tepat, dan sikap yang percaya diri.&lt;/li&gt; &lt;/ul&gt; &lt;p&gt;&lt;strong&gt;Tujuan pembelajaran:&lt;/strong&gt;&lt;/p&gt; &lt;p&gt;Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik dapat:&lt;/p&gt; &lt;ul&gt; &lt;li&gt;Menyebutkan setidaknya lima jenis kesenian daerah yang ada di Indonesia.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Mengidentifikasi ciri-ciri kesenian daerah yang dipilih, seperti asal daerah, alat musik, gerakan tari, pakaian adat, dan makna simbolik.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Menyusun laporan hasil pengamatan tentang kesenian daerah yang dipilih dengan menggunakan bahasa yang baku, struktur yang sesuai, dan ejaan yang benar. Struktur laporan meliputi judul, pendahuluan, isi, dan penutup.&lt;/li&gt; &lt;li&gt;Menyampaikan laporan hasil pengamatan tentang kesenian daerah yang dipilih dengan menggunakan bahasa yang lancar, intonasi yang tepat, dan sikap yang percaya diri. Peserta didik juga dapat menjawab pertanyaan dari guru atau teman sejawat terkait dengan laporan yang disampaikan.&lt;/li&gt; &lt;/ul&gt; Kegiatan pembelajaran




Berikut adalah kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran:



KegiatanMetodeMediaSumber belajarAlokasi waktuAlokasi ruang


Kegiatan awal: Guru menyapa peserta didik dan mengecek kehadiran mereka. Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik tentang kesenian daerah. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran.CeramahLaptop dan proyektor-10 menitKelas


Kegiatan inti: Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok memilih satu jenis kesenian daerah yang ingin diamati. Peserta didik mengamati kesenian daerah tersebut melalui video atau kunjungan lapangan. Peserta didik mencatat ciri-ciri kesenian daerah tersebut. Peserta didik menyusun laporan hasil pengamatan berdasarkan catatan yang telah dibuat. Peserta didik menyampaikan laporan hasil pengamatan di depan kelas.Observasi, diskusi kelompok, penugasan,


グループについて

グループへようこそ!他のメンバーと交流したり、最新情報をチェックしたり、動画をシェアすることもできます。
グループページ: Groups_SingleGroup
bottom of page